translator
ArabicChineseinggrisEspanol
FrenchItalianJapanesekorean
EMAIL TO ME

Wirausaha
Kontak Jodoh
Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
SEARCH MP3,3GP,WALLPAPER,THEME,GAMES,VIDEO,BROWSER,FILE,KEYGEN,etc..
Loading


translator
ArabicChineseinggrisEspanol
FrenchItalianJapanesekorean
UCWEB7.0.0.41352202.150.217.76.sis


Insane
EMAIL TO ME
MobPartner - Mobile Affiliate Network
Wirausaha
Kontak Jodoh
Mobil Bekas
Pasang Iklan Rumah
SEARCH APLICATIONS,MP3,3GP,WALLPAPER,THEMES,GAMES,VIDEO,BROWSER,FILE,MOVIE,KEYGEN,etc..
Loading

NEW POST :

TRADISI WEWEHAN DI DAERAH KALIWUNGU

other


WEWEHAN...Pasti pada bingung apaan sih?Bagi warga kaliwungu dan sekitarnya pasti sudah tidak asing lagi.Wewehan berasal dari kata dasar weweh dalam bahasa jawa yg artinya memberi,dan wewehan artinya saling memberi,,(masih bingung?apaan itu..),oke q jelasin :) ..Wewehan adalah tradisi turun temurun di daerah kaliwungu dan sekitarnya untuk memperingati maulid nabi muhammad SAW yaitu berupa saling bertukar makanan.. Sekilas kegiatan tersebut mirip dengan kegiatan barter,namun ada perbedaan mendasar antara keduanya. Dalam barter,orang akan bertransaksi apabila merasa cocok dengan barang yang akan dibarter. Sementara dalam wewehan, penukaran makanan didasarkan pada keikhlasan memberi, bukan berdasarkan selera penukarnya. Wewehan merupakan tradisi yang masih berkembang di masyarakat Kaliwungu yang sudah turun-temurun sampai saat ini. Dalam kegiatan wewehan terkandung makna mendalam tentang pentingnya berbagi dengan sesama.seluruh warga akan mempersiapkan berbagai hidangan makanan tradisional yang di hidangkan di depan rumah mereka masing-masih seperti sedang berjualan.Sedangkan anak2 kecil akan sibuk mendatangi rumah- rumah warga untuk bertukar makanan. Setiap rumah akan membuat berbagai makanan tradisional yang nantinya akan dijadikan bahan pertukaran. Tugas menukarkan makanan akan diberikan kepada anak-anak kecil. Jika ada keluarga yang tidak memiliki anak kecil, mereka hanya akan menunggu anak- anak mendatangi rumah..

Teng-Tengan
Salah satu yang khas dari tradisi wewehan ini adalah lampu hias nya..lampu hias tersebut adalah "teng-tengan" . Teng-tengan adalah sejenis lampion dari bilah bambu yg dibalut dengan kertas warna-warni dan di buat menyerupai apa saja yg di inginkan seperti bintang, kapal laut, kapal terbang, atau petromaks. Zaman dahulu, teng-tengan dinyalakan dengan lampu minyak, namun sekarang lampu minyak telah digantikan bohlam listrik.Tak kalah uniknya, selain teng-tengan yang menunjukkan kreasi ada juga aneka mobil-mobilan yang di gunakan sebagai angkutan makanan mereka, biasanya di buat dari pelepah Sagu (mbulung) yang di rakit berbentuk mobil , biasanya mobil truk agar baknya dapat diisi makanan, berbagai ukuran dan bentuk yang dibuat. Nah kalau yang ini selain anak tersebut yang membuat juga di bantu orang tua mereka sehingga menjadi kreasi yang unik dan kuat. setelah wewehan selesai mereka saling menabrakkan mobil mereka untuk membuktikan milik siapa yang paling kuat. Tradisi wewehan sangat kental di Kaliwungu, sehingga banyak tetangga kota lain ikut datang ke Kaliwungu untuk menikmati ritual itu..
Selepas Magrib tiba waktunya berpesta, anak-anak mulai membawa berbagai makanan mengunjungi tetangga, memberikan makanan yang mereka miliki dan menukar dengan makanan lainnya milik tetangga,berbagai makanan tersaji sehingga bebas memilih apa saja yang di kehendaki. Pengalaman saya sewaktu kecil sering bertanya ke teman yang lainnya di mana ada makanan yang enak, misalkan teman menginformasikan kalau di rumah milik A di sediakan Bakso, nah bagi penggemar bakso akan berbondong bondong ke rumah A untuk menukar makanan mereka dengan Bakso :) ..
SUMPIL
Selain Teng-Tengan ada ciri khas lain dari tradisi wewehan ini yaitu Sumpil,adalah sebuah makanan seperti ketupat tapi bukan di bungkus menggunakan daun kelapa melainkan dari daun bambu dan berbentuk segitiga dan biasanya di padukan dengan sambal kelapa..Yang rasanya udah pasti enak dan Mak Nyoss :) ..
Selain tradisi di atas, pada perayaan Maulid Nabi di Kaliwungu juga diadakan kegiatan pawai ta'aruf yang menampilkan berbagai macam kesenian tradisional dan modern. Selain itu, setiap dua tahun sekali, Remaja Masjid Besar Al Muttaqim, Kaliwungu, mengadakan kegiatan Festival Masjid Al Muttaqim yang dilaksanakan di pelataran parkir masjid selama seminggu. Acara kesenian dan budaya yang ditampilkan pada acara festival masjid mampu menyedot pengunjung dari luar kota Kaliwungu.Banyaknya agenda budaya di Kaliwungu pada peringatan Maulid Nabi Muhammad tentunya bisa dijadikan sebagai agenda wisata tahunan, sehingga akan memberikan kontribusi yang baik untuk peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kendal.
Namun perlu di tegaskan bahwa ritual itu hanyalah sebuah budaya dan tradisi bukan sebuah ritual ibadah, tetapi dari tradisi tersebut kita dapat mengambil hikmah positif, bahwa Rizki yang Allah berikan bukan sepenuhnya milik kita tapi ada sebagian yang juga menjadi hak tetangga kita yang wajib kita bagikan. tradisi tersebut juga mengandung didikan kepada anak kecil bahwa saling memberi itu harus ditanamkan dari awal sehingga kelak sudah dewasa dapat menjadi kebiasaan untuk saling berbagi,karena berbagi itu indah ... :).
TRADISI WEWEHAN DI DAERAH KALIWUNGU - My Great Web page Share

Back to posts
Comments:

Post a comment

Bagikan ke Facebook
Nothing Left Behind
MOVIE,PDF,KISAH,DUNIA ISLAMI
MOVIES,PDF,ISLAMI
Artikel Trick Gratis Internet
Artikel Islami

Join MobPartner !

KUMPULAN OPERAMINI
ImageDesigner v1.zip






Shoutbox
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Free Automatic Google Backlinks - SEO
Online : 1
Today : 3
Week :6
Month : 69
Total :94419

what is my ip address?powered by Is Banned ???Valid CSS!

Valid CSS!

TOP-RATING
COPY THIS HTML TO YOUR WAP/WEBJack
Image by Cool Text: Logo and Button Generator - Create Your Own Logo
Created design by:
jack danils™ | Kendal 2011 - 2012
Powered by:

Join MobPartner !

CEK HP KAMU
BILLING PLN
INTIP SCRIPT
Kumpulan opmin










Shoutbox
Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.NetMsn bot last visit powered by MyPagerank.Net Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Free Automatic Google Backlinks - SEO
Online : 1
Today : 3
Week :6
Month : 69
Total :94419

what is my ip address?powered by Is Banned ??? Valid CSS!

Valid CSS!

Bookmark This WAP
Created design by:
jack danils™ | Kendal 2011 - 2012
Powered by: